Pemkot Jambi Sukses Gelar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi

Muliakan Pejuang Veteran, Pemkot Juga Gelar Jamuan dan Beri Tali Asih

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi sukses menggelar Peringatan ke-74 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019.

Puncak acara peringatan yang ditandai dengan pengibaran Sang Merah Putih dan bunyi sirine tanda Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi, Sabtu pagi (17/8) itu berlangsung khidmat.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM, mewakili Wali Kota Jambi, karena pada saat yang bersamaan Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, memenuhi undangan peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Negara dalam kapasitasnya sebagai penerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama yang diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (15/8) lalu. Sementara teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Jambi H. M. Nasir, SE.

Upacara pengibaran bendera yang dihadiri unsur Forkompimda, ASN Pemkot Jambi, BUMD, sektor Swasta, Ormas, LSM, Pelajar, Mahasiswa, TNI dan Polri itu, diawali dengan penjemputan Sang Merah Putih dari kediaman dinas jabatan Wali Kota Jambi. Pasukan pengibar bendera dibawah binaan Dispora Kota Jambi yang terdiri dari unsur pelajar terpilih pun tampak mantap dan percaya diri hingga sukses menampilkan kemampuan terbaiknya.

Momentum peringatan HUT Proklamasi di Kota Jambi itu juga dirangkai dengan penyerahan hadiah pemenang lomba Kampung Bantar dan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota Jambi.

Rangkaian upacara diakhiri dengan penyerahan Tali Asih dari Pemerintah Kota Jambi kepada veteran dan janda veteran yang sudah menjadi agenda rutin Pemkot Jambi setiap peringatan HUT RI. Tidak hanya itu, para pejuang sepuh tersebut juga dijamu makan siang bersama jajaran Pemkot Jambi di ruang pola kantor Wali Kota Jambi.

Pada sore harinya upacara penurunan Sang Merah Putih yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Wakapolres Jambi AKBP Bambang Irawan, SIK, juga berlangsung khidmat dan sukses.

Sementara pada Minggu malam (19/8), Pemkot menggelar Resepsi Kenegaraan. Acara sebagai perwujudan syukur atas nikmat kemerdekaan yang berlangsung di Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi itu dihadiri unsur Forkompimda, jajaran Pemerintah Kota Jambi, petugas, pelaksana dan perangkat upacara serta para anggota Paskibraka, termasuk pembina dan pelatih.

Dikatakan Maulana bahwa dirinya bersyukur karena saat pelaksanaan upacara berjalan sukses dan lancar. Dirinya berterima kasih kepada tim Paskibraka dan seluruh masyarakat Kota Jambi yang sudah mendoakan suksesnya upacara.

“Alhamdulillah petugas pelaksana dari Paskibraka dan dari seluruh tim perwira upacara, komandan upacara semua dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kami mengucapkan selamat,” sebut Wawako Maulana.

Wawako juga mengajak generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan mengaplikasikan sumber daya sesuai dengan tema HUT Proklamasi tahun ini SDM Unggul, Indonesia Maju.

“Karena dengan adanya SDM yang unggul, maka Kota Jambi akan maju dan ini selaras dengan RPJMD Kota Jambi yang memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia di bidang, kesehatan, pendidikan dan keterampilan,” jelasnya.

Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, juga menyampaikan harapan dan pesannya pada perayaan Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini. Ia juga turut memberikan apresiasinya kepada segenap masyarakat Kota Jambi.

“Pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun ini, saya sebagai pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Jambi, menyampaikan apresiasi kepada segenap masyarakat Kota Jambi atas kebersamaan dalam Kebhinekaan yang terus terpelihara, seperti yang telah ditunjukkan dengan bahu membahu dalam pembangunan termasuk menjaga situasi Kota Jambi yang kondusif hingga saat ini,” ujar Fasha.

Fasha juga mengajak memaknai Proklamasi Kemerdekaan sebagai titik balik dalam melanjutkan perjuangan pendahulu bangsa Indonesia.

“Para pahlawan telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk berjuang memerdekakan bangsa ini. Segenap jiwa dan raga dikorbankan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat. Sebagai generasi penerus, perjuangan dan pengorbanan para pendahulu itu tidak boleh disiakan. Perjuangan mereka harus tetap kita kobarkan, dengan diwujudkan dalam tindakan dan kerja nyata. Mari kita mulai dari Kota Jambi, membangun daerah tercinta ini secara merata, berkeadilan dan berkelanjutan,” tegas Fasha.

Sementara itu H. Kholil Ketua LVRI Kota Jambi, mewakili seluruh veteran pejuang, menyampaikan apresiasinya atas perhatian yang tetap dipelihara oleh Wali Kota beserta jajaran Pemkot Jambi selama ini.

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Bapak Wali Kota, Bapak Wakil Wali Kota, beserta seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi kepada kami para veteran. Setiap tahun kami selalu diajak untuk upacara dan kami selalu di beri perhatian dalam bentuk tali asih. Kami ucapkan terima kasih atas semua kebaikan ini. Semoga kebaikan Bapak Wali Kota beserta Pemkot Jambi dibalas pula dengan kebaikan dan semoga diberi kekuatan untuk membangun Kota Jambi lebih baik dan melanjutkan perjuangan kemerdekaan yang sudah kita peroleh,” harapnya. (04-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *