Wali Kota Fasha Buka MTQ ke-50 Tingkat Kota Jambi

592 Kafilah Berlaga di 10 Cabang Perlombaan

JAMBI – Lantunan ayat suci Al-Quran bergema di bumi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi. Upaya Pemerintah Kota Jambi dalam memberantas buta aksara Al-Quran serta membentuk generasi yang qurani terus digalakkan di Kota Jambi.

Bertempat di Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, Rabu Malam (9/10) Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, membuka secara resmi perhelatan akbar MTQ ke-50 Tingkat Kota Jambi di tahun 2019. Acara dimulai dengan pertunjukan tarian kolosal yang disuguhkan oleh pelajar SMA 11 Kota Jambi.

Pembacaan ayat suci Al-Quran juga dilantunkan dengan syahdu oleh Qori terbaik 1 Internasional 2016 di Iran, Ustadz Haji Raden Harmoko. Bunyi sirine yang ditekan secara bersama oleh Wali Kota Fasha, Wawako Maulana, dan jajaran Forkompinda Kota Jambi, menandai dimulainya ajang unjuk kebolehan para pejuang Al-Quran dari seluruh penjuru Kota Jambi.

Turut hadir pada acara pembukaan MTQ di Alam Barajo, Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM, jajaran Forkompimda Kota Jambi, seperti Dandim 0415/BTH, Kapolresta Jambi, Kakan Kemenag Kota Jambi, Ketua PTUN Kota Jambi, Kepala Pengadilan Agama Jambi, Sekda Kota Jambi, jajaran Kepala OPD Pemkot Jambi, Camat, Lurah, Tokoh Agama dan masyarakat Jambi Kota Jambi.

Ribuan warga Kota Jambi tampak antusias memadati arena utama MTQ. Upacara pembukaan juga ditandai dengan pengibaran bendera MTQ oleh Paskibraka SMA Negeri 11 Kota Jambi. selain itu, menambah meriahnya pembukaan event tahunan syiar Al-Quran di Kota Jambi itu.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kecamatan Alam Barajo dan segenap warga Kota Jambi yang sangat luar biasa mendukung perhelatan akbar syair Islam melalui Al-Quran tersebut.

Wali Kota Fasha turut pula menjelaskan hakikat utama diselenggarakannya MTQ diberbagai jenjang di Kota Jambi.

“Pemkot Jambi sangat mendukung berbagai upaya dan semangat seluruh lapisan untuk mensyiarkan Al-Quran sebagai wadah untuk syiar agama dan ukhuwah islamiyah. Hal itu kami rasa sangat penting, selain ajang untuk memilih qori dan qoriah hafizh dan hafizhah terbaik, juga sebagai ajang untuk silaturahmi dan momentum untuk kembali kepada nilai-nilai suci Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari. Mari amalkan nilai Al-Quran untuk kehidupan yang lebih baik,” Ujar Fasha.

Sebelumnya, senada dengan pernyataan Wali Kota Jambi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jambi Drs. H. Rusli Adam dalam sambutannya, menyampaikan bahwa perhelatan MTQ memiliki makna lebih luas dari sekedar ajang perlombaan.

“MTQ yang diadakan, diharapkan berdampak terhadap pembentukan karakter dan akhlaqul karimah ditengah masyarakat. Keberhasilan MTQ bukan hanya dari jumlah penyelenggaraan MTQ atau jumlah qori/qoriah dan para hafizh Qur’an berprestasi yang dihasilkan. Akan tetap harus dilihat dalam jangkauan pandangan yang lebih luas dan mendasar, terutama dari sisi pembentukan mental, karakter dan akhlak masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Camat Alam Barajo yang baru dilantik, Mustari, didampingi oleh Mantan Camat Alam Barajo, Drs. Amran, dalam laporannya menjelaskan bahwa MTQ ke-50 Tingkat Kota Jambi yang akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 08 hingga 13 Oktober 2019 tersebut, diikuti 592 kafilah dari 11 Kecamatan dalam Kota Jambi.

MTQ kali ini akan memperlombakan 10 cabang utama, berlangsung di arena utama MTQ juga mengambil tempat di kantor Camat, masjid, dan sekolah-sekolah dalam wilayah Kecamatan Alam Barajo.

MTQ tingkat Kota Jambi ke-50 ini sebut dia, juga merupakan bagian dalam persiapan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jambi pada bulan depan di Kabupaten Bungo.

Pada MTQ tingkat Kota Jambi 2019 ini ada yang berbeda. Pemerintah Kota Jambi mengahadirkan koordinator juri Internasional MTQ yang juga Ketua IPQOH Nasional, Prof. Dr. K.H. Said Agil Al-Munawar. Prof. Said Agil juga akan menjadi bagian dewan hakim pada MTQ tingkat Kota Jambi 2019 ini. Dengan hadirnya Prof Said Agil Al Munawar diharapkan bisa memberi semangat tersendiri bagi kafilah yang bertanding untuk menunjukan prestasi terbaiknya.

Sementara itu, Dewan Hakim MTQ ke 50 tingkat Kota Jambi K.H. Said Agil Husin Al Munawar mengatakan bahwa berada di Kota Jambi sudah tidak asing baginya. Karena sejak tahun 90-an dirinya telah mulai membina pelaksanaan MTQ di Provinsi Jambi.  Tujuannya adalah untuk membangun kebersamaan menjadikan Al-Quran benar benar membumi di tanah Melayu Jambi.

Sebagaimana diketahui bahwa, pada Selasa malam (8/10) telah dilaksanakan pelantikan Dewan Hakim MTQ Tingkat Kota Jambi di Aula Griya Mayang, Rumah Dinas Wali Kota Jambi.

Sementara pada Rabu pagi harinya (9/10), perhelatan MTQ ke-50 tingkat Kota Jambi Tahun 2019, diawali dengan Pawai Ta’aruf dan pembukaan Stand Bazaar MTQ oleh Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H Maulana, MKM dan Ketua TP PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, SE, M.Si.Ak.Ca., beserta Dr. dr. Hj. Nadiyah Maulana, Sp. OG. dan Hj. Chorianti Budidaya, S.H.

Stand Bazar tersebut menampilkan berbagai potensi unggulan produk UKM dari seluruh kecamatan se-Kota Jambi. Selain itu, kegiatan MTQ ini juga mempunyai multiplier effect peningkatan kapasitas ekonomi bagi masyarakat Kota Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *