Pemerintah Kota Jambi Gelar Semarak Didikan Subuh, Fasha : Didiklah Anak Sejak Dini untuk Mencintai Agama

JAMBI – Banyak cara yang dilakukan untuk menanamkan pendidikan agama sejak usia dini. Salah satunya yakni, melalui pendidikan subuh berbasis Masjid, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi dibawah kepemimpinan Wali Kota Jambi, Dr. H. Syarif Fasha, ME bersama wakilnya Dr. dr. H. Maulana, MKM sejak beberapa waktu lalu.

Rangkaian didikan subuh yang telah rutin digelar secara berkala sepanjang tahun itu pun di apresiasi Pemerintah Kota Jambi dalam sebuah acara apresiasi dengan nama “Semarak Didikan Subuh Suka Ceria (Subuh Berkah, Cermin Generasi Rajin, Iman dan Taqwa)”, yang digelar pada Minggu subuh (29/12) di Masjid Al-Huda Kelurahan Kebun Handil Kecamatan Jelutung Kota Jambi.

Pemkot Jambi menjadikan Pendidikan Subuh itu sebagai wadah penguatan ilmu agama terhadap anak-anak. Melalui Pendidikan Subuh berbasis masjid, diharapkan pula dapat menggalakkan anak-anak untuk mencintai dan memakmurkan masjid.

Mengawali dengan shalat subuh berjamaah, dalam sambutannya, Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan visi dan misi Kota Jambi Terkini yang terkait dengan misi menjadikan generasi Kota Jambi yang berakhlaq dan berbudaya. Ia pun menegaskan komitmennya menjadikan didikan subuh sebagai kegiatan rutin Pemkot Jambi.

“Ini bentuk dari implementasi visi kami, yaitu menjadikan Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa berbasis masyarakat yang berakhlaq dan berbudaya. Ada kata-kata berakhlaqnya, dan kegiatan ini adalah salah satu cara untuk mewujudkan visi kami tersebut, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi anak-anak kita semua yang nanti mereka akan menggantikan kita kedepannya,” harap Fasha.

Dalam kesempatan tersebut, kepada orangtua yang hadir, Fasha juga mengucapakan terima kasihnya karena telah ikut mensukseskan kegiatan tersebut, dengan memberikan izin serta turut pula memberikan bimbingan kepada anak-anaknya baik selama dirumah maupun selama mebgikuti kegiatan tersebut di mesjid.

“Tentu kita ucapkan terima kasih juga kepada para orangtua anak-anak yang telah memberikan izin dan turut memberikan bimbingan, kami harapkan ini dapat terus berkelanjutan, jangan hanya bersifat seremonial semata,” tandasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Maulana mengatakan, bahwa Semarak Didikan Subuh Suka Ceria (Subuh Berkah, Cermin Generasi Rajin, Iman dan Taqwa) tersebut merupakan inisiasi Wali Kota Jambi, Syarif Fasha. Berbagai macam kegiatan perlombaan pun turut dilaksanakan, seperti lomba Adzan, Shalat Subuh Berjamaah, Shalat jenazah, hafalan Juz Amma, dan baca Asmaul husna.

“Kegiatan Didikan Subuh ini rutin dilaksanakan di Kota Jambi, dibuka pada Januari lalu. Jadi di akhir tahun ini pak Wali menginisiasi untuk dilakukannya Semarak Didikan Subuh, sebagai penutupan pendidikan subuh tahun ini dengan berbagai lomba, juga sekaligus sebagai bentuk evaluasi akan kemampuan anak-anak dalam melakukan berbagai kegiatan keagamaanya. Diharapakan dengan adanya kegiatan ini dapat menggerakkan masyarakat Kota Jambi, orangtua dan anak-anaknya untuk aktif ke masjid melaksanakan ibadah, terlebih lagi pada subuh hari,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, komitmen Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam memajukan syiar Islam dan membumikan Al-Quran tidak perlu diragukan lagi. Selain rutin menggelar perayaan hari besar agama dan berbagai tabligh akbar sebagai bagian dari syiar Islam, Wali Kota Fasha juga menanamkan pondasi kuat dalam syiar Islam dari lingkungan terkecil. Seperti beberapa waktu lalu, Wali Kota Fasha juga baru saja mewisuda sebanyak 1.200 tahfiz cilik yang berlangsung di Balaikota.

Selain akan menaikkan insentif guru PAMI (Pengajian Antara Maghrib dan Isya) pada tahun 2020 mendatang, Fasha juga akan menambah guru tahfidz pencetak para penghafal Al quran ditingkat SD dan SMP menjadi 200 orang guru tahfidz. Untuk menguatkan peran itu, Pemkot Jambi juga akan menerbitkan Perda Pemberantasan Buta Aksara Al Qur’an (PBAQ).

Sementara itu acara Semarak Didikan Subuh Suka Ceria diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah. Tampak keceriaan anak-anak peserta didikan subuh se-Kota Jambi itu saat panitia mengumumkan hasil lomba pemenang. Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Kakan Kemenag Kota Jambi tampak turut pula memberikan apresiasinya kepada anak-anak shaleh dan shalehah itu, satu persatu anak-anak mendapat hadiah dalam acara itu.

Pemenang dari masing-masing cabang lomba tersebut, yakni pada cabang lomba Adzan juara I utusan dari Kecamatan Pasar, juara II Kecamatan Alam Barajo, juara III Kecamatan Telanaipura.
Untuk lomba Shalat Subuh Berjamaah, Juara I Kecamatan Alam Barajo, juara II Kecamatan Jelutung, juara III Kecamatan Jambi Timur.

Sementara untuk juara I lomba Shalat Jenazah jatuh kepada Kecamatan Jambi Timur, juara II Kecamatan Telanaipura, dan juara III Kecamatan Danau Teluk.

Untuk Juara I hafalan Juz Amma yakni Kecamatan Telanaipura, juara II Kecamatan Alam Barajo, dan juara III Kecamatan Jambi Timur. Sementar pada lomba baca Asmaul Husna juara I diraih oleh Kecamatan Jambi Selatan, juara II Kecamatan Pelayangan dan juara III Kecamatan Paal Merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *