Pergantian Tahun, Pemkot Jambi Gelar Tabligh Akbar dan Hiburan Rakyat

Jubir Pemkot Jambi, Abu Bakar : “Tidak Ada Selebrasi Kembang Api

JAMBI – Menyambut malam pergantian tahun, Pemerintah Kota Jambi akan melaksanakan kegiatan tabligh akbar yang bertajuk “Kota Jambi Berdzikir”. Kegiatan tersebut akan berlangsung Selasa malam (31/12) di pelataran Stadion Tri Lomba Juang KONI Jambi, yang akan dimulai pada pukul 19.30 WIB atau selepas Shalat Isya.

Kegiatan yang rutin dikerjasamakan dengan Majelis Dzikir dan Maulid Qalbun Salim itu akan dihadiri ribuan jamaah yang terdiri dari para habaib, ulama dan tuan guru, kelompok-kelompok majelis taklim, serta segenap warga Kota Jambi.

Demikian dikatakan Juru Bicara Pemerintah Kota Jambi Abu Bakar, diruang kerjanya, Senin (30/12).

“Pemkot Jambi juga akan menghadirkan penceramah kondang dari Jakarta yakni Habib Baqir Alhabsyi dan Habib Nabiel Alhabsyi serta beberapa ustadz-ustadz lainnya dari Jambi. Sementara untuk dzikir dan munajat doa nantinya akan dipimpin oleh Ustadz Dr. Hasbullah Ahmad, Lc,” terang Abu Bakar.

Tabligh Akbar yang telah menjadi agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Jambi yang diinisiasi Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME itu bertujuan mengajak masyarakat, mengisi malam pergantian tahun dengan kegiatan yang positif dan bernuansa religi.

“Kami ingin masyarakat mengisi malam pergantian tahun dengan berbagai kegiatan yang positif, bermuhasabah, introspeksi diri, sejauh mana peningkatan amaliah telah terjadi dalam kehidupan kita, bukan dengan perilaku berlebihan yang cenderung mengarah kepada perilaku negatif,” ujar Abu Bakar.

Abu Bakar menambahkan, selain sebagai momentum bermuhasabah, tabligh akbar kali ini juga akan didedikasikan menjadi ajang doa bersama bagi keselamatan bangsa Indonesia.

“Kami mengundang dan mengajak seluruh masyarakat muslimin Kota Jambi dan sekitarnya, untuk beramai-ramai hadir pada Tabligh akbar ini, kita berdzikir dan munajatkan doa untuk keselamatan bangsa dan negara khususnya Kota Jambi,” terang Abu Bakar.

Selain kegiatan tabligh akbar, Pemkot juga akan menggelar hiburan rakyat dengan tema “Malam Apresiasi Tanah Pilih Kota Jambi” yang akan berlangsung di kawasan Tugu Keris Siginjai Kotabaru, mulai pukul 20.00 WIB. Menurutnya, Pemkot memang memfasilitasi kegiatan tersebut karena adanya permintaan sebagian masyarakat yang menginginkan adanya hiburan pada malam itu. Selain itu, juga untuk menyatukan tempat pelaksanaan disatu titik, hingga tidak ada konvoi dan kebut-kebutan di jalan raya.

“Kita tau masyarakat kita heterogen, tentu ada juga permintaan yang mau menikmati hiburan pada malam itu, jadi kita fasilitasi di satu tempat saja, tujuannya agar masyarakat yang mau hiburan bisa kesatu tempat saja, jadi tidak ada konvoi dan kebut-kebutan di jalan raya,” jelas Abu Bakar.

Kata Abu Bakar hiburan rakyat tersebut juga akan berlangsung sederhana, tidak berlebihan dan tidak ada kembang api. Hiburan rakyat itu juga dibatasi hingga pukul 11 malam.

“Hiburan rakyat akan berlangsung sederhana, nanti akan ada group band dari Jakarta Bye-Plus yang biasa membawakan lagu-lagu lawas Koes Plus. Selain itu juga akan ada penampilan seni budaya daerah. Diakhir acara juga tidak ada selebrasi kembang api, namun akan diisi dengan pembacaan doa bersama, dan hiburan rakyat itu juga dibatasi hingga pukul 11 malam saja,” jelasnya.

Abu Bakar memastikan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) juga akan hadir bersama ribuan masyarakat di dua tempat acara tersebut.

“Pak Wali dan pak Wawako beserta unsur Forkompimda akan hadir di dua tempat acara tersebut,” pungkasnya.

Berdasarkan pantuan dilapangan, saat ini pihak Pemkot dan beberapa panitia pelaksana kegiatan tampak sibuk mempersiapkan prasarana pendukung acara di dua tempat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *