Sambangi Singkut, Fasha Bekali Santri Ponpes Jiwa Entrepreneur

Juga Bagikan Kursi Roda dan Bantu Pembangunan Masjid

SAROLANGUN – Selain kalangan kampus, Pondok Pesantren juga mendapat tempat khusus bagi seorang Syarif Fasha. Baru saja menjadi nara sumber di STIE Sakti Alam Kerinci (SAK) pekan lalu, kini Wali Kota Jambi dua periode itu kembali diminta memberikan pembekalan dihadapan para santriwan dan santriwati.

Sang inspirator itu diundang Pondok Pesantren Al-Fatah Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun untuk menjadi nara sumber utama dalam diskusi bersama para santri, yang berlangsung di Aula Ponpes Al-Fatah, Jumat (7/2).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Fasha memberikan pencerahan terkait jiwa kewirausahaan didalam dunia pesantren, termasuk kiat-kiat menjadikan para santri sebagai entrepreneur dan siap menghadapi tantangan di era industri 4.0.

Menurut Fasha, dalam lingkungan pendidikan pesantren pun, jiwa kewirausahaan patut diajarkan sebagai pendamping ajaran agama yang menjadi fokus utama pendidikan dunia pesantren.

“Jiwa entrepreneurship juga wajib kita bekali kepada seluruh santri karena akan sangat bermanfaat bagi masa depan mereka, utamanya dalam menghadapi persaingan dan tantangan masa depan, terutama di era industri 4.0.,” tutur Fasha.

Sang Visioner Jambi itu juga mengingatkan para santri untuk meneladani akhlak dan cara Nabi bermuamalat.

“Ingat, Rasulullah adalah panutan kita. Beliau adalah seorang Rasul Allah, pemimpin umat Islam, jenderal perang, dan beliau adalah pengusaha, beliau juga bermuamalat,” jelas Fasha.

Para santri tampak antusias mengikuti pembekalan itu, tak sedikit pula dari mereka yang turut memberikan pertanyaan kepada Wali Kota dengan segudang prestasi itu, tak lupa pula dalam setiap sesi tanya jawab, Fasha selalu memberikan hadiah kepada peserta, sebuah buku inspiratif biografi dirinya yang berjudul “Bocah Minyak Jelantah”, buku itu pun menjadi rebutan dan hadiah istimewa bagi para santri.

Di akhir kunjungannya di Ponpes tersebut, Fasha turut pula memberikan donasinya untuk membantu pembangunan dan pengembangan pesantren di Singkut tersebut.

Sementara ditempat berbeda, dalam aksi sosialnya di Kabupaten Sarolangun itu, Syarif Fasha turut pula membagikan kursi roda gratis bagi penyandang disabilitas yang selama ini telah menjadi harapan tersendiri bagi warga Kecamatan Singkut Sarolangun. Diwilayah itu, Fasha membagikan 7 unit kursi roda secara cuma-cuma bagi masyarakat penyandang disabilitas.

Kehadiran Fasha di wilayah perbatasan Jambi-Sumatera Selatan itu, disambut warga dengan penuh antusias. Bagaimana tidak, kunjungan orang nomor satu di Kota Jambi di daerah Singkut, merupakan kunjungan perdana Fasha sebagai Wali Kota Jambi. Ditambah pula Fasha membawa harapan besar bagi sebagian warga mereka penyandang disabilitas, yaitu bantuan kursi roda.

Acara penyerahan bantuan kursi roda tersebut, dirangkai dengan acara makan siang bersama masyarakat Kecamatan Singkut dan sekitarnya. Dalam acara yang penuh keakraban tersebut, turut pula dihadiri oleh tokoh masyarakat dan alim ulama Kecamatan Singkut dan masyarakat diwilayah sekitar Singkut.

Saat acara penyerahan, tampak Fasha satu persatu menanyakan langsung kepada perwakilan keluarga penerima, mengenai kondisi calon penerima bantuan kursi roda tersebut. Sesekali tampak Fasha dengan mimik wajah serius mendengarkan penjelasan perwakilan penerima tersebut.

Dalam sambutannya, Fasha menyampaikan bahwa bantuan kursi roda tersebut, memang sengaja dilaksanakan dirinya sejak tahun 2016 lalu, sebagai wujud kepedulian dirinya kepada kaum disabilitas, yang selama ini belum tersentuh oleh bantuan kursi roda.

“Kami telah memulai memberi bantuan kursi roda ini sejak lama, dimulai dari tahun 2016 lalu. Ini bantuan murni dari rezeki kami, gaji kami sebagai Wali Kota Jambi, yang tidak pernah kami ambil selama ini dan diniatkan untuk sosial. Mengapa kami pilih bentuk kursi roda sebagai bantuan sosial kami, bukan bentuk yang lain, karena ini merupakan amal jariyah yang kami niatkan sebagai bentuk kepedulian kami, rasa solidaritas dan kemanusiaan kepada saudara-saudara kita penyadang disabilitas, yang jarang sekali tersentuh oleh bantuan pihak lain. Inilah yang menggugah kami untuk dapat sedikit berbuat bagi saudara kita. Semoga hal kecil yang kami perbuat ini berbuah manfaat bagi saudara kita dan mendapat ridho Allah SWT,” beber Fasha.

Sebagaimana diketahui bahwa, berkah aksi sosial dan kemanusiaan, bebagi bantuan kursi roda gratis bagi masyarakat penyandang disabilitas, yang telah dirintis Fasha sejak periode pertama dirinya menjabat sebagai Wali Kota Jambi, telah berbuah berkah bagi Wali Kota Jambi dua periode itu.

Bagaimana tidak, berkat aksi sosialnya itu, Fasha merupakan satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diganjar Penghargaan Anugerah Bintang Jasa Pratama oleh Presiden RI pada tahun 2019 lalu, bertempat di Istana Negara.

Wali Kota Jambi dengan slogan Jambi Terkini itu, diusulkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia atas upaya, pengorbanan, komitmen dan jasa-jasanya di bidang peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat di Kota Jambi dan sebagai jawaban dan penghargaan atas pengabdian yang telah diberikan Wali Kota Fasha kepada masyarakat Kota Jambi selama masa kepemimpinannya, membangun peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat di Kota Jambi.

Sebelumnya, mengawali kehadiran dan kunjungannya ke Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun, Wali Kota Jambi Dr. H.Syarif Fasha, ME turut pula menyempatkan untuk salat Jumat berjamaah di Masjid Al-Aula, bersama masyarakat Desa Bukit Tigo Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun.

Dalam kesempatan itu, Fasha turut pula menyerahkan bantuan dana pembangunan masjid tersebut. Fasha pun berjanji suatu saat akan kembali kemasjid tersebut dan akan memberikan perhatian lebih bagi pembangunan masjid tersebut dalam kapasitasnya sebagai kepala daerah Provinsi Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *