Pertama di Sumatera, Pemkot Jambi Sukses Gelar Gowes Virtual

  • Wali Kota Fasha Apresiasi Goweser Jambi Dan Siapkan Gelaran Berbagai Event

JAMBI – Tidak hentinya Pemerintah Kota Jambi dibawah kepemimpinan Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha melakukan berbagai inovasi. Kali ini, Wali Kota Jambi dua periode itu kembali melakukan gebrakan inovatif dengan menggelar event olahraga sepeda yang bertajuk “Jambi Gowes Virtual Merdeka 75”.

Walaupun digelar ditengah wabah pandemi Covid-19, kegiatan kompetisi olahraga sepeda yang sedang viral dan digandrungi masyarakat saat ini, sukses digelar dan menyedot animo masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Jambi. Tidak hanya itu, konsep event kompetisi sepeda secara virtual tersebut, ternyata baru pertama kalinya diselenggarakan untuk wilayah Pulau Sumatera dan Provinsi Jambi.

Bahkan untuk jumlah peserta, event ini antusias diikuti oleh hampir 2.000 peserta yang tersebar diseluruh wilayah kota dan kabupaten dalam Provinsi Jambi.

Rabu pagi (2/9), bertempat di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jambi, Wali Kota Syarif Fasha bersama Wawako dr. Maulana, menghadiri acara pengundian pemenang Jambi Gowes Virtual Merdeka 75. Konsep acara pengundian pun terbilang unik, karena dilaksanakan secara siaran langsung (live) melalui akun Youtube Channel Wali Kota Jambi, fasha_jbi. Turut pula hadir dalam acara itu Sekda Kota Jambi Budidaya, Wakil Ketua Pengprov ISSI Jambi AKBP Ali Sadikin.

Dalam kesempatan itu, panitia juga mengundang secara acak 20 orang perwakilan dari 100 orang peserta pendaftar pertama kompetisi gowes tersebut, untuk hadir secara langsung dan menjadi saksi acara pengundian tersebut.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana M. Shaleh Ridha, menjelaskan bahwa event Jambi Gowes Virtual Merdeka 75 diselenggarakan dalam rangka menambah kemeriahan rangkaian HUT ke-75 Republik Indonesia dan sekaligus menjawab aspirasi goweser Jambi untuk melaksanakan event gowes ditengah wabah pandemi ini.

“Guna menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia, Pemkot Jambi bersama klub sepeda Kota Jambi, Kota Jambi Cycling Club (Koja_CC) menggelar event Jambi Gowes Virtual Merdeka 75. Atas arahan Bapak Wali Kota Jambi, beliau menyarankan dilaksanakan secara virtual saja, dalam artian event ini tetap dilaksanakan ditengah wabah pandemi, dengan memanfaatkan aplikasi yang biasa digunakan oleh goweser ketika berolahraga sepeda, seperti Relive maupun Strava,” ujar Ketua Pelaksana yang juga menjabat sebagai Kadishub Kota Jambi itu.

Lebih lanjut dirinya juga melaporkan bahwa event yang telah dilaunching oleh Wali Kota Jambi pada tanggal 17 Agustus lalu itu, sukses diikuti ribuan goweser dari seluruh wilayah Provinsi Jambi.

“Alhamdulillah event gowes sepeda terbesar di Provinsi Jambi tahun 2020 ini, sukses diikuti oleh 1.925 peserta, tidak hanya dari dalam Kota Jambi saja, namun juga diikuti para goweser yang berasal dari kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi. Pelaksanaannya pun menyesuaikan kondisi saat ini yang sedang dilanda wabah Covid-19, yaitu dilaksanakan secara virtual mulai tanggal 21 hingga 30 Agustus kemarin. Hari ini kami juga memberi apresiasi kepada goweser termuda dan paling senior, serta 3 orang peserta yang berulang tahun tepat pada tanggal 17 Agustus. Selain itu kita juga memberikan apresiasi kepada goweser dengan rute terjauh dan 10 goweser dengan foto terkeren. Terima kasih atas bantuan Bapak Wali Kota Jambi yang banyak memberi support materi dan non materi pada kegiatan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya, menjelaskan bahwa ditengah pandemi wabah Covid-19, setiap komponen masyarakat harus bijak dalam menggelar event yang bersentuhan dengan masyarakat banyak dan tetap mengutamakan kemaslahatan orang banyak.

“Ditengah wabah pandemi Covid-19 ini, tentunya kita harus bijak dan berpikir cerdas dalam melaksanakan event-event maupun kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, apalagi sifatnya mengumpulkan khalayak ramai. Walaupun sifatnya memeriahkan HUT kemerdekaan Indonesia, pelaksaaan kegiatan ini harus tetap komit dan taat, serta disiplin terhadap protokol kesehatan. Karena taat dan disiplin terhadap protokol kesehatan, kita dapat menekan atau mengendalikan angka dan tingkat penularan wabah ini,” jelas Fasha.

Wali Kota Jambi dua periode itu juga mengungkapkan bahwa, dirinya dan jajaran Pemkot Jambi serius dalam upaya melindungi masyarakat dan menekan jumlah penularan wabah Covid-19 di Kota Jambi, terutama dengan upaya edukasi kepada masyarakat tentang cara hidup sehat ditengah pandemi.

“Kita ingin memberi contoh kepada masyarakat, walaupun di tengah wabah Covid-19, kita bisa tetap olahraga, bahkan menggelar event olahraga dengan memanfaatkan inovasi teknologi. Salah satunya dengan bersepeda. Kedepan akan kita perbanyak event-event olahraga, termasuk sepeda di Kota Jambi. Dan kami informasikan pula, di Kota Jambi juga akan segera dibuat jalur khusus bagi pengendara sepeda,” pungkas Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN tersebut.

Dalam prosesi acara yang diakhiri dengan pengundian hadiah itu, Wali Kota Syarif Fasha beserta Wakil Wali Kota Maulana berkesempatan menarik nomor undian dan mengumumkan pemenang. Masing-masing pemenang sesuai kategori pun berhak meraih hadiah puluhan sepeda MTB dan Lipat, puluhan Helm, ratusan Jersey dan tas pinggang serta berbagai hadiah menarik lainnya.

Sebagaimana diketahui, atas inisiasi Wali Kota Jambi, Pemkot Jambi bersama Klub Sepeda Pemkot Jambi, Koja_CC, telah menggelar event gowes Jambi Gowes Virtual Merdeka 75. Event gowes ini berlangsung pada tanggal 21 hingga 30 Agustus 2020.

Konsep gowes virtual tersebut adalah setiap peserta gowes mendaftar pada aplikasi yang disediakan oleh Pemkot Jambi dan pelaksanaan gowes dilaksanakan oleh peserta, baik secara sendiri, maupun kelompok terbatas, dalam wilayah Provinsi Jambi, dengan menggunakan aplikasi bersepeda, yaitu Relive dan Strava.

Panjang rute yang diperlombakan pada event gowes ini terbagi dalam 4 kategori rute, yaitu 8 Km, 17 Km, 45 Km dan 75 Km. Pesertapun diberi kebebasan untuk memilih rute sesuai kemampuan masing-masing. Setiap peserta yang berhasil menyelesaikan gowesnya tersebut, kemudian mengupload hasil gowes pada aplikasi, untuk kemudian diundi guna mendapatkan hadiah puluhan sepeda, helm, jersey dan hadiah menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *