Inovasi Pakar Kasih, Satu Lagi Cara Wali Kota Fasha Bantu Warga Terdampak Covid-19

JAMBI – Pandemi Covid-19, yang melanda Kota Jambi bahkan dunia, bukan menjadi alasan untuk tidak berkreasi maupun berinovasi. Mungkin hal itu layak menggambarkan sosok Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam membangun Kota Jambi saat ini.

Wali Kota Jambi dua periode itu, sepertinya memang tak pernah kehabisan ide untuk terus berinovasi bagi kesejahteraan warganya.

Seabrek inovasi yang telah dilakukannya selama ini pun kerap diganjar penghargaan nasional bahkan internasional. Sebut saja yang paling fenomenal, yakni inovasi Bangkit Berdaya dan Kampung Bantar.

Dan kali ini, guna membantu pendapatan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19, Wali Kota Jambi Syarif Fasha kembali melahirkan ide cemerlangnya, dengan melibatkan peran langsung warga melalui program inovasi teranyarnya yakni Padat Karya Tunai Kali Bersih (Pakar Kasih).

Juru Bicara Pemerintah Kota Jambi, Abu Bakar, menjelaskan, inovasi ini memberi stimulus pendapatan bagi masyarakat melalui program padat karya.
Inovasi ini juga bagian dari paket pemulihan ekonomi sebagai wujud kepedulian Pemkot Jambi untuk membantu warga khususnya masyarakat menengah kebawah yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

“Estimasi kebutuhan 900 orang pekerja untuk mengerjakan normalisasi di 23 titik drainase di Kota Jambi,” jelas Abu Bakar, Sabtu (12/9).

Program inovasi yang diimplementasikan dalam paket kegiatan melalui perangkat daerah Bappeda dan Dinas PU-PR Kota Jambi ini akan di-launching perdana 19 September 2020. Kepada pekerja juga akan mendapatkan upah harian dari program tersebut.

“Ini untuk kegiatan normalisasi saluran drainase di kota Jambi dengan memberdayakan masyarakat kota Jambi yang sangat terdampak covid-19,” jelas Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Jambi itu.

Menurutnya, warga Kota Jambi dapat mengikuti program itu dengan melakukan pendaftaran mulai tanggal 12 sampai 16 September 2020, yang dapat dilakukan secara mandiri mendaftar melalui website/laman : https://pakarkasih.jambikota.go.id/ atau datang langsung ke kantor Lurah.

“Ini masuk kategori low skill, pekerjaan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Syarat-syarat pendaftarannya pun juga sangat mudah dan sederahana. Silahkan daftar di laman tersebut atau langsung daftar di kantor Lurah yang tersebar di Kota Jambi,” pungkas Kabag Humas yang akrab dengan wartawan itu.

Berdasarkan pantauan media ini, program tersebut tampak disambut antusias oleh warga. Berdasarkan data dari 11 kecamatan, meski baru resmi dibuka hari ini, namun warga sudah mulai mendaftarkan namanya di kantor-kantor lurah sejak Jumat kemarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *