Pj Wali Kota Jambi Pimpin Penilaian Lurah Berprestasi ; Harap Lurah dan TP-PKK Tingkatkan Kinerja dan Inovasi

oleh

SEPUTARJAMBI.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi memimpin seleksi Lurah Berprestasi Tingkat Kota Jambi Tahun 2024. Penilaian yang berlangsung di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Jabatan Wali Kota Jambi, Senin (29/4/2024) itu diikuti 5 nominasi Lurah terbaik di Kota Jambi, yaitu Lurah Kenali Asam Atas, Lurah Selamat, Lurah Paal Merah, Lurah Kenali Besar, dan Lurah Sungai Asam.

Penilaian dalam sebuah proses seleksi yang ketat itu dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih sendiri, Sekretaris Daerah, Ketua TP-PKK Kota Jambi, dan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra.

Penilaian difokuskan pada beberapa aspek, termasuk pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, koordinasi dengan instansi terkait, serta kontribusi PKK di masing-masing kelurahan.

Kepada sejumlah awak media, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan, berbagai pertanyaan dilakukan untuk menguji kompetensi 5 Lurah beserta istrinya sebagai ketua TP-PKK kelurahan.

Dalam seleksi tersebut Lurah diminta untuk mampu menjelaskan bagaimana mereka menjalankan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik. Penekanan pada penanganan sampah menjadi fokus utama dalam proses penilaian itu. Para Lurah ditantang untuk menunjukkan strategi mereka dalam mengelola sampah di masing-masing kelurahan.

“Dari berbagai pertanyaan yang kami sampaikan itu mengerucut kepada bagaimana para Lurah menjalankan pemerintahannya, bagaimana para Lurah itu menjalankan pembangunannya, bagaimana koordinasi dengan Forkompimda maupun lembaga-lembaga terkait di lingkup kelurahannya serta bagaimana memilih dan menggunakan strategi serta inovasi dalam mengatasi masalah-masalah yang ada di kelurahan, sejauhmana kecepatannya, termasuk juga dari aspek PKK, bagaimana PKK juga harus berkontribusi baik itu di Posyandu, Bunda Paud dan lain sebagainya,” ujar Sri.

Saat ditanya tentang hasil penilaian itu, kata Sri, proses lebih lanjutnya akan dilakukan kompilasi dan rapat penetapan pemenang oleh masing-masing juri. Namun Ia menambahkan, sudah keliatan sebenarnya ada memang lurah yang quickrespon kemudian cepat mengatasi masalah yang terjadi di wilayahnya.

“Tentu nanti akan di kompilasi karena ada 4 juri tadi kami, hasil akhirnya akan di olah oleh tim. Kita berharap hasil dari kegiatan siang ini nanti kita akan dapat temukan satu Lurah yang bisa menjadi teladan bagi teman teman di 67 kelurahan lainnya, dan paling tidak dari 5 Lurah ini yang sudah berprestasi di Kota Jambi bisa di replikasikan atau di tiru oleh teman-teman para Lurah lainnya, ini lah upaya dari Pemerintah Kota Jambi untuk terus memotivasi para lurah supaya terus berkreasi, berinovasi dengan memastikan pelaksanaan pembangunan dalam kontribusinya membangun Kota Jambi lebih baik kedepannya,” harap Sri.

Proses penilaian yang transparan dan ketat ini merupakan upaya dari Pemerintah Kota Jambi untuk mendorong inovasi dan kreativitas para lurah dalam memastikan pembangunan dan kebersihan lingkungan Kota Jambi terus terjaga dengan baik.***

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *